Selasa, 06 Juli 2010

[SEA-Edunet] DigiBox part I

DigiBox merupakan salah satu perangkat terpenting dalam operasi SEA-Edunet, terkadang (temuan lapangan) kondisi prima DigiBox dapat memepermudah admin melakukan konfigurasi dan maintenance SEA-Edunet secara lebih mudah.

beberapa hal yang perlu (bukan perlu seh, tapi harus :D ) diperhatikan dalam managemen DigiBox, seperti nilai SNR, Ber, Agc, sateltite, maupun chanel yang sedang running. okelah,, ne just share informasi nilai SNR.

SNR pada DigiBox tidak selamanya tetap pada kondisi yang sama, ada kalanya SNR naik dan juga turun. Menurut pengamatan dilapangan SNR akan naik pada saat cuaca cerah namun tengah malam juga SNR bisa naik. Sehingga ini menunjukkan SNR dengan posisi yang sama dapat berubah sesuai dengan posisi satelite dan tergantung pada proses pembiasan udara. Berikut data kondisi SNR yang sering berubah, mulai dari SNR 84% sampai SNR 91%.


(Gambar nilai SNR 84%)

secara umum nilai SNR 84% dan ber 0% sudah mampu menerima data text dengan cepat dan kapasitas yang besar. namun kualitas data audio video yang diterima cukup bervariasi, misalnya suara terkadang jernih, namun gambar blur, dan sebaliknya. sehingga jika memungkinkan admin perlu melakukan pointing ulang untuk mendapatkan nilai SNR yang lebih banyak, dapat juga melakukan edit frekuensi dengan teknik flashing.


(Gambar nilai SNR 85%)

nilai SNR 85% merupakan (kebanyakan atau umumnya) merupakan nilai tertinggi dan terlaris khususnya didaerah2 perbatasan (misalnya seperti info dari teman2), namun ternyata temuan dilapangan nilai SNR 85% ini juga tidak menjamin kualitas streaming yang kita dapatkan, karena selain SNR ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan, seperti jarak server client, media transmisi server-client, jumlah client, kondisi server, jenis kabel, bahkan merk serverpun menentukan kualitas streming yang kita dapatkan. soooo..... nanti dibahas lagi, sekarang tentang SNR dulu :D


(Gambar nilai SNR 86%)

SNR 86% juga tidak begitu mempengaruhi (berdasarkan temuan lapangan) kualitas audio video, meskipun secara teori nilai NSR ini mempengaruhi, menurut analisa dan materi yang penulis baca, nilai SNR ini akan berpengaruh pada penerimaan video dengan frekuensi tertentu dan dengan konfigurasi yang sangat detail.


(Gambar nilai SNR 89%)


(Gambar nilai SNR 91%)

Nilai SNR 91%pun tidak menjamin bahwa kualitas audio video yang diterima dititik SEA-Edunet akan jernih dan bersih. Hal ini dibuktikan pada saat ada gangguan dari satelite pusat, dengan SNR 91% kualitas gambar dan suara tetap putus-putus. Sehingga kesimpulan dari kasus ini adalah, harus ada
keseimbangan antara satelite pusat dengan satelite penerima didaerah.

sooo,,, bingung kan,,, sama saya juga bingung,,, :D jadi, seorang admin SEA-Edunet jangan cuma mengandalkan nilai SNR yang dipat setelah berpanas-panas pointing baik diatas gedung, atas bukit, maupun atas apalah... :D cek semua hardwarenya, analisa gejala-gejalanya (setiap hardware, software maupun brainware punya karakteristik kerusakan yang khas dan berkelompok, misalkan jika saat cek jaringan dengan ping,, trusss time out terus ini berhungan dengan server dan client yoo dicek kondisi servernya,, kalau pusing,, stress dan ngantuk yoo dicek orangya kasi kopi kek, atau denger musik atau nyari-nyanyi sendiri,, jangan cek softwarenya, ini yang error orangnya, bukan sofwarenya :D)

moga bermanfaat.

1 komentar:

kepada pengentri komentar : isi dengan alamat email yg valid